Rumah Adat Jawa Barat

Rumah adat Jawa Barat

Rumah Adat Jawa Barat –┬áRumah adat Jawa Barat merupakan salah satu kekayaan budaya yang ada di Indonesia. Untuk itulah sangat penting bagi anda menjaga kekayaan budaya tersebut agar tetap eksis hingga masa yang akan datang.

Jawa Barat memang adalah provinsi yang sangat besar budayanya, banyak sekali rumah adat yang tersebar di wilayah Jawa Barat. Berikut akan kami jelaskan beberapa jenis dari rumah adat Jawa Barat.

Jenis Rumah Adat Jawa Barat

Jika berbicara rumah adat di Jawa Barat maka ada beberapa jenisnya yang masih eksis hingga sekarang.

1. Imah badak Heuay

Imah badak Heuay adalah salah satu jenis rumah adat Jawa Barat, arti dari nama tersebut adalah Badak menguap. Nama ini memiliki dasar yang cukup kuat, karena jika dilihat atap akan sama seperti badak, sedangkan bagian depannya seperti mulut badak yang menguap.

Rumah adat ini bisa anda temui di daerah Sukabumi, bentuk rumah ini memang unik. Karena inilah yang menjadikan salah satu keunikan dan banyak dicari oleh para wisatawan.

2. Rumah Tagog Anjing

Rumah adat ini memiliki bentuk seperti anjing yang sedang duduk sehingga dinamakan dengan Tagog Anjing. Jadi jika dilihat dari jauh akan seperti anjing yang sedang duduk.

Jika ingin melihat rumah ini maka anda bisa datang ke wilayah kabupaten Garut. Di sisi depan sebelah kiri juga ada ruang terbuka untuk bersantai bersama keluarga, atau untuk menerima tamu.

3. Imah Julang Ngapak

Seperti rumah adat Jawa barat lainnya yang berbentuk rumah undakan, dengan beberapa tiang penyangganya. Imah Julang Ngapak adalah salah satu rumah adat di Jawa Barat, rumah ini memiliki atap berbentuk seperti sayap.

Pada zaman dahulu rumah ini dilapisi dengan ijuk yang berbahan dasar dari Rumbia atau alang-alang. Tapi pada masa dahulu, walau tidak menggunakan atap tapi tidak akan pernah terjadi kebocoran.

Dan pada masa sekarang ini, atap rumah tidak menggunakan ijuk lagi tapi menggunakan seng atau genteng.

4. Imah Jolopong

Imah Jolopong adalah rumah adat yang lainnya di provinsi Jawa Barat. Tapi memiliki ciri yang berbeda dari rumah-ruma yang kami sebutkan di atas, yakni memiliki atap sederhana.

Panggung dari rumah ini juga sedikit lebih rendah dari panggung rumah yang kami sebutkan di atas. Pada bagian depan ada sebuah ruang untuk menerima tamu. Bisa juga sebagai tempat bersantai keluarga, bisanya rumah ini ditemukan di daerah pedesaan di Provinsi Jawa Barat.

5. Imah Parahu kumureb

Jika ingin melihat bentuk rumah adat di provinsi Jawa Barat dengan bentuk unik maka anda bisa melihat Imah atau rumah Parahu kumureb. Jika dilihat bentuknya seperti perahu yang kebalik.

Tapi sayang rumah ini tidak banyak digunakan oleh masyarakat, akibat bahan dasarnya dari kayu dan atapnya dari ijuk maka membuat tidak bisa menahan air hujan.

Tapi jika anda yang ingin melihat rumah ini bisa datang ke kabupaten Ciamis. Yang unik dari rumah adat Jawa Barat ini memiliki bentuk panggung, ini memang menyesuaikan kondisi geografis wilayah provinsi Jawa Barat.

6. Rumah Adat Kasepuhan

Pada awalnya rumah ini didirikan oleh pangeran Cakrabuana pada abad ke 16 Masehi. Rumah ini merupakan keraton yang digunakan pangeran tersebut.

Rumah ini memiliki beberapa bagian, pertama adalah pintu gerbang utama, kemudian ada bangunan pancaratna. Kemudian ada bangunan yang dinamakan bangunan pangrawitan, bangunan ini terletak di sisi kiri.

Beberapa hal yang kami sebutkan di atas adalah jenis-jenis dari rumah adat Jawa Barat. Kita sebagai generasi penerus harus menjaganya, agar tidak punah termakan oleh zaman.

Anda mungkin juga suka...