Manfaat Cek Tensi Darah Secara Rutin

Manfaat Cek Tensi Darah Secara Rutin

Harga dr laser –┬áPrevalensi hipertensi di Indonesia mencapai lebih dari 63 juta. Hal ini tidak boleh dianggap remeh karena hipertensi (tekanan darah tinggi) bisa memicu penyakit jantung, gagal ginjal, diabetes, dan stroke. Karena itu, orang dewasa perlu rutin memantau tekanan darah agar tetap sehat.

Manfaat pemeriksaan tekanan darah secara teratur sejak usia dini

The American Heart Association merekomendasikan orang dewasa untuk memantau tekanan darah mereka dengan monitor tekanan darah digital di rumah. Ini adalah manfaat yang direkomendasikan untuk orang dewasa.

Deteksi dini hipertensi

Pemantauan sendiri tekanan darah dapat membantu dokter menilai kondisi Anda. Ini sangat penting bagi orang dengan faktor risiko hipertensi yang signifikan. Seseorang lebih mungkin mengalami tekanan darah tinggi jika:

  • Anda berusia di atas 65 tahun
  • Berat badan berlebih
  • Riwayat keluarga hipertensi
  • Kebiasaan makan yang tidak sehat, seperti kandungan garam yang tinggi serta jarangnya konsumsi buah dan sayur
  • Gaya hidup tidak sehat (jarang olahraga, merokok, konsumsi alkohol atau kafein berlebihan, sering kurang istirahat)

Dengan mengetahui tekanan darah Anda di luar praktik, dokter Anda dapat mengembangkan rencana perawatan yang lebih baik untuk kesehatan Anda.

Pantau perawatan yang sedang berlangsung

Mengontrol tekanan darah juga merupakan bagian dari rencana perawatan yang telah dikembangkan. Nomor tekanan darah Anda dapat mengetahui apakah perubahan gaya hidup membantu masalah tekanan darah. Tidak hanya itu, dokter juga dapat menilai apakah obat yang Anda minum bekerja sesuai harapan. Setelah itu, dokter bisa mengganti dosis atau mengganti obat yang diresepkan bila perlu.

Ekonomis

Memonitor tekanan darah Anda secara aktif dengan monitor tekanan darah digital juga dapat menghemat uang Anda. Meskipun bukan pengganti dari pemeriksaan rutin dokter Anda, tugas yang mudah dilakukan ini dapat mengurangi jumlah kunjungan ke dokter atau klinik Anda. Keuntungan ini telah menjadikan penggunaan monitor tekanan darah digital sebagai bagian integral dari pedoman perawatan hipertensi dari berbagai asosiasi kesehatan.

latihan hipertensi hiit

Pemeriksaan tekanan darah secara teratur di rumah dapat membantu seseorang lebih memperhatikan kesehatannya. Menurut Mayo Clinic, seseorang mungkin lebih bertanggung jawab atas apa yang mereka makan atau hal-hal lain yang baik untuk tekanan darahnya. Melihat tekanan darah Anda yang berada dalam kisaran normal dapat menginspirasi Anda untuk berolahraga, mengonsumsi makanan sehat, dan disiplin saat mengonsumsi obat resep.

Bila Anda memiliki tekanan darah tinggi, Anda harus mengikuti petunjuk dokter untuk minum obat yang diresepkan untuk Anda. Menurut Departemen Kesehatan (Kemenkes), beberapa penderita hipertensi tidak rutin minum obat karena merasa sehat. Padahal, tekanan darah tinggi tidak boleh dianggap remeh karena merupakan pintu gerbang menuju penyakit berbahaya.

Membantu menghilangkan kemungkinan jas putih dan hipertensi bertopeng

Studi yang disebut Home Blood Pressure Monitoring menunjukkan bahwa menggunakan monitor tekanan darah digital membantu menghilangkan kemungkinan kedua hal ini. Jadi apa arti kedua hal ini?

Keduanya hanyalah hasil dari pemeriksaan tekanan darah yang tidak akurat karena faktor lingkungan. Hipertensi jas putih mengacu pada tekanan darah tinggi saat dikontrol di ruang praktek dokter. Di sisi lain, hipertensi bertopeng adalah tekanan darah normal jika dikontrol oleh tim dokter, namun meningkat di luar ruang praktik dokter.

Oleh karena itu, seseorang yang rutin melakukan pemeriksaan tekanan darah akan diminta untuk mencatat tekanan darah tersebut pada setiap independent check up atau pada saat kunjungan dokter. Hasil yang menunjukkan tanda keduanya akan memberikan rujukan ke dokter untuk membuat rencana pengobatan tertentu.

Inilah manfaat jangka panjang dari pengendalian tekanan darah Anda jika dilakukan secara teratur. Jangan lupa baca artikel Concordiachamberofcommerce yang lain.