Kelebihan dan Kekurangan Evercoss M6

Kelebihan dan Kekurangan Evercoss M6

Concordiachamberofcommerce – Tak mau ketinggalan dengan pembuat smartphone global, Evercoss yang secara harfiah merupakan pemasok smartphone Indonesia juga rutin merilis inovasi yang mengikuti tren dan perkembangan zaman. Seperti pada Agustus 2020, pabrikan lokal meluncurkan ponsel baru bernama Evercoss M6.

Ponsel yang hadir dalam tiga pilihan warna gradasi hitam, coklat, dan hijau ini siap menyasar segmen entry level.

Untuk membawa pulang satu set ponsel buatan anak bangsa ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 800.000.

Tak mau ketinggalan dengan pembuat smartphone global, Evercoss yang secara harfiah merupakan pemasok smartphone Indonesia juga rutin merilis inovasi yang mengikuti tren dan perkembangan zaman. Seperti pada Agustus 2020, pabrikan lokal meluncurkan ponsel baru bernama Evercoss M6.

Ponsel yang hadir dalam tiga pilihan warna gradasi hitam, coklat, dan hijau ini siap menyasar segmen entry level.

Untuk membawa pulang satu set ponsel buatan anak bangsa ini, Anda hanya perlu merogoh kocek sebesar Rp 800.000.

Untuk menawarkan sudut pandang yang luas dan tidak membuang energi, smartphone besutan anak lokal ini memiliki layar jenis IPS (In-Plane Switching) LCD dengan layar kapasitif dengan resolusi HD+ 1520 x 720 piksel. .

Perangkat canggih Evercoss ini memiliki ukuran layar 5,7 inci tanpa tonjolan 2.5D. Untuk menghadirkan kualitas layar tertinggi, memberikan tampilan yang tajam dan menghasilkan warna yang indah, Evercoss M6 menerima kerapatan gambar 267 piksel per inci.

1. Gunakan Android 10

Menggunakan sistem operasi, bisa dikatakan perangkat Evercoss cukup up to date dan tidak kalah tren yakni mengandalkan Android 10.

Pada sistem operasi ini, pengguna Evercoss M6 akan merasakan berbagai fitur dan mode yang lebih keren dan tentunya membawa banyak manfaat dalam menjalankan aktivitas mobile sehari-hari.

Beberapa di antaranya memiliki fungsi smart reply untuk mengklik notifikasi pesan tanpa harus membuka aplikasi, kontrol lokasi yang dapat mengatur visibilitas tempat, mode fokus untuk menghentikan aplikasi yang mengganggu saat menggulir aplikasi lain, hingga tema gelap yang membawa kenyamanan bagi pengguna. mata agar tidak silau terutama pada malam hari.

2. Pengisian baterai cukup memuaskan.

Pengguna Evercoss M6 yang memiliki banyak aktivitas mobile sehari-hari sepertinya tidak perlu lagi khawatir berlari untuk mengisi baterai. Pasalnya ponsel ini telah disuntik baterai removable berkapasitas 3200 mAh yang siap menemani penggunanya berlama-lama. Dalam penggunaan normal, diklaim perangkat dengan baterai setebal ini bisa hidup seharian.

3. Fitur Face Unlock telah diinstal.

Tidak seperti kebanyakan smartphone saat ini, Evercoss M6 memiliki fungsi Face Unlock sebagai pengganti pembaca sidik jari.

Munculnya fungsi teknologi pengenalan wajah ini memiliki tanggung jawab untuk mencegah non-pengguna atau orang lain membuka isi ponsel. Dengan cara ini, privasi pemilik Evercoss M6 akan terjaga dan aman.

4. Sensor permen di dalam ruangan

Keunggulan lain dari ponsel pemula ini adalah sensor kameranya. Boleh dibilang, pengalaman kamera Evercoss M6 sudah cukup mendukung aktivitas fotografi berkat dukungan dua sensor kamera utama. Kedua sensor tersebut menyertakan 8 MP untuk sensor utama yang siap mengambil foto berkualitas baik di kelasnya.

Lalu ada depth sensor 2 MP dengan aperture f/2.2 disertai LED flash dan fungsi autofocus dengan mengimplementasikan sensor BSI CMOS.

Kemudian untuk kamera depan, kami menemukan resolusi 5 MP dengan aperture f/2.2. Belum lagi kamera depannya mendukung fungsi LED flash, fixed focus dengan sensor BSI CMOS, bisa mendukung aktivitas selfie dan video call.

5. Performa catu daya di kelasnya

Performa yang disuguhkan perangkat yang dipatok seharga 800 lakh ini terbilang cukup gesit untuk kelasnya. Hal ini tidak lepas dari SoC atau system-on-a-chip yang disolder yaitu pada Spreadtrum Unisoc SC9863A. Dikombinasikan dengan campuran prosesor octa-core ARM Cortex-A55 64-bit 1.6GHz dan quad-core hingga 1.2GHz.

Sedangkan untuk pengolah grafis atau GPU (Graphics Processing Unit), perangkat ini berbasis IMG8322, yang tentunya mampu memberikan animasi yang maksimal. Untuk ruang penyimpanannya Evercoss M6 hanya diusung oleh RAM berkapasitas 3 GB dan memori internal sebesar 16 GB.

Namun, dalam ulasan video, Anda disarankan untuk tidak menggunakan perangkat untuk menjalankan aplikasi game secara terus-menerus, karena akan mengurangi kinerjanya.

Kekurangan Evercoss M6

Apakah ada kelemahan pada Evercoss M6? Tidak bisa dipungkiri bahwa smartphone pemula ini memiliki beberapa kekurangan. Nah, mari kita ungkap kekurangan Evercoss M6 melalui pembahasan yang dirangkum oleh Carisignal berikut ini:

1. Tidak termasuk pemindai sidik jari

Baik di bagian belakang, maupun di samping, maupun di bawah layar, perangkat Evercoss ini memutuskan untuk tidak menyematkan pemindai sidik jari atau fungsi sidik jari. Padahal kehadiran pemindai sidik jari membawa banyak manfaat bagi pengguna smartphone.

Saat pemindai sidik jari dipasang di Evercoss M6, pengguna dapat merasakan kecanggihan yang berkisar dari membuka ponsel dengan satu sentuhan, mempermudah peluncuran aplikasi mobile banking jika lupa kata sandi, kata sandi, hingga otentikasi pembelian barang di Google Bermain.

2. Teknologi Bluetooth belum diperbarui

Selain belum memiliki NFC (Near Field Communication) dan infrared, perangkat Evercoss M6 ini masih menggunakan teknologi Bluetooth yang belum mendapat update yaitu versi 4.2. Versi teknologi Bluetooth ini hanya dapat bekerja pada kecepatan komunikasi maksimum 1 Mbps, dan jarak transmisi selalu mendekati 300 meter.

Selain itu, fitur Bluetooth-nya mungkin juga tidak dapat menangani transfer data yang besar. Tidak seperti Bluetooth versi 5.0 ke atas, edisi Bluetooth Evercoss M6 belum terintegrasi dengan IoT (Internet of Things).

3. Tidak mendukung pengisian cepat

Anda seharusnya tidak memiliki harapan yang tinggi untuk smartphone Evercoss ini dalam hal proses pengisian cepat.

Bukan tanpa alasan, perlu Anda ketahui bahwa Evercoss M6 tidak mendapat dukungan teknologi fast charge atau pengisian cepat, sehingga sepertinya Anda harus menunggu lebih lama untuk mendapatkan baterai penuh atau 100%.

Referensi : Berita Teknologi Terbaru

Anda mungkin juga suka...