Cara registrasi kartu simPATI sesuai aturan Telkomsel

Cara registrasi kartu simPATI sesuai aturan Telkomsel

Concordiachamberofcommerce – Cara registrasi kartu simPATI yang benar ternyata bisa membawa banyak keuntungan bagi Anda sebagai pelanggan. Pasalnya, keberadaan persyaratan pendaftaran merupakan salah satu upaya pemerintah untuk mencegah penyalahgunaannya, seiring dengan maraknya kasus penipuan yang sedang marak.

Ternyata cara registrasi kartu simPATI cukup sederhana. Cukup melampirkan Nomor Induk Kependudukan (NIK) di KTP dan Nomor Kartu Keluarga (KK). Selanjutnya bagi WNA (WNA) yang ingin mendaftar cukup melampirkan Paspor, KITAP (Kartu Izin Tinggal Tetap) dan KITAS (Kartu Izin Tinggal Sementara).

Metode registrasi kartu SIMPATI ini wajib bagi semua pelanggan baru dan lama. Jika anda masih bingung cara registrasi kartu simPATI, berikut kami rangkum dari berbagai sumber,

Cara mendaftar kartu simPATI

Sebelum memulai pendaftaran, persiapkan dokumen-dokumen yang dipersyaratkan yaitu KTP-Elektronik dan Kartu Keluarga (KK). Namun bagaimana dengan calon nasabah dan nasabah lama yang belum memiliki KK atau KTP elektronik? Masih dimungkinkan untuk mendaftar di NIK yang informasinya ada di KK. Jika Anda tidak memiliki KK, Anda tidak dapat mendaftar. Tanya Veronika Asisten Virtual

Saat memulai situs Telkomsel, ada dua kategori cara pendaftaran kartu simPATI, yang pertama untuk pengguna baru dan yang kedua untuk pengguna lama. Berikut penjelasannya:

Cara mendaftarkan kartu SIMPATI sebagai pengguna baru:

Masukkan: REG <spasi> NIK # Nomor KK # kirim ke SMS 4444

Contoh: REG 1234567890123456 # 3201060401130027 #

Cara mendaftar kartu pelanggan SIMPATI lama:

Ketik: ULANG <spasi> NIK # Nomor KK # kirim SMS ke 4444

Contoh: ULANG 1234567890123456 # 3201060401130027 #

Cara registrasi kartu SIMPATI untuk WNA

Cara registrasi kartu SIMPATI bagi WNA yang mengunjungi gerai penyelenggara jasa telekomunikasi atau gerai penyelenggara jasa telekomunikasi terkait dan membawa kartu identitas diri yaitu paspor / KITAS / KITAP.

Kemudian petugas loket akan mendaftarkan nama, nomor paspor / KITAS / KITAP, kewarganegaraan dan tempat serta tanggal lahir.

Konsekuensi gagal mendaftar

Ada beberapa konsekuensi bertahap jika tidak mendaftar. Berikut ini seperti dilansir Telkomsel:

1. Blokir layanan panggilan keluar (panggilan keluar) maupun layanan pesan singkat keluar (SMS) jika tidak mendaftar lagi dalam waktu 30 (tiga puluh) hari kalender sejak tanggal pemberitahuan, ketentuan Pendaftaran baru oleh penyedia layanan telekomunikasi harus menerapkan.

2. Memblokir layanan panggilan masuk dan layanan pesan singkat (SMS) masuk jika tidak didaftarkan ulang paling lambat 15 (lima belas) hari kalender sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud pada poin satu.

3. Pemblokiran layanan Internet apabila tidak didaftarkan kembali paling lambat 15 (lima belas) hari kalender terhitung sejak tanggal pemblokiran layanan sebagaimana dimaksud pada angka dua.

Batasi jumlah nomor

Jumlah nomor yang dapat didaftarkan oleh calon pelanggan dan pelanggan lama dapat didaftarkan oleh pelanggan yang bersangkutan (registrasi sendiri), maksimal 3 (tiga) nomor untuk setiap NIK masing-masing penyelenggara jasa telekomunikasi.

Jika terdaftar lebih dari 3 nomor, nomor keempat dan seterusnya hanya dapat didaftarkan melalui titik-titik penyelenggara jasa telekomunikasi atau titik layanan telekomunikasi terkait yang akan digunakan.

Lalu bagaimana dengan angka di nama perusahaan (bukan individu)? Mekanisme pendaftaran nomor perusahaan juga harus didaftarkan atas nama pelanggan (perseorangan). Untuk registrasi nomor bisnis harus dilakukan oleh penanggung jawab bisnis dan jumlahnya tidak dibatasi.

Perbedaan antara registrasi kartu saat ini dan sebelumnya

Ketentuan pendaftaran sebelumnya

1. Pendaftaran dengan nomor identifikasi, nama, alamat, tempat / tanggal lahir, ROID (reseller / point of sale ID), kode pos.

2. Tidak ada proses validasi.

3. Hanya gerai penyelenggara jasa telekomunikasi dan gerai milik mitra yang dapat melakukan ini.

Ketentuan pendaftaran baru

1. Pendaftaran dengan Nomor Induk Kependudukan (NIK) dan Kartu Keluarga (KK) atau nomor NIK yang tertera di KTP elektronik dan Kartu Keluarga (KK).

2. Harus melalui proses validasi data yang tercatat di Direktorat Jenderal DUKCAPIL

3. Operasi ini dapat dilakukan oleh pelanggan yang bersangkutan, dari titik penyedia layanan telekomunikasi, dari titik yang dimiliki mitra, dengan menghubungi layanan contact center.

Manfaat registrasi kartu

Cara registrasi kartu simPATI ternyata juga menawarkan keuntungan bagi konsumen atau pengguna. Lalu apa manfaatnya? Berikut penjelasan lengkapnya.

Perlindungan Konsumen

Hal ini bertujuan untuk mencegah terjadinya penyalahgunaan berbagai hal yang dapat merugikan konsumen terutama oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab, seperti tindak pidana terorisme, penipuan, informasi spam, cybercrime, dan lain-lain, sehingga masyarakat atau pelanggan merasa lebih nyaman mengenakan variasi tersebut. layanan telekomunikasi.

Kemudahan penyedia layanan

Artinya dengan adanya register kartu dapat memudahkan dalam pemberian layanan bagi konsumen ponsel, seperti transaksi belanja online.

Sebagai data pemerintah

Selain itu, manfaat registry yaitu data nasabah dapat digunakan untuk kepentingan inklusi keuangan atau penyaluran dana atau bantuan pemerintah dan hal sejenis lainnya.

 

 

Anda mungkin juga suka...