Cara Merawat Hijab Motif Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

Cara Merawat Hijab Motif Supaya Awet dan Tidak Mudah Rusak

Concordiachamberofcommerce –¬†Hijab, salah satu busana muslimah yang saat ini sedang mengalami trend perkembangan yang pesat di tanah air. Tidak hanya memiliki tampilan yang khas, namun banyak brand yang menawarkan hijab cantik yang memikat hati dengan sentuhan motif yang stylish. Motif hijab tergolong beragam, mulai dari geometris, floral hingga abstrak warna-warni. Dengan adanya motif hijab tentunya akan sangat memudahkan para kajabers untuk memaksimalkan penampilannya agar terlihat modis dan memberikan kesan yang berbeda dari biasanya.

Hijab motif biasanya dijual mulai dari Rp. 20 ribu hingga ratusan ribu, tergantung bahan yang digunakan dan bagaimana proses pembuatannya. Harganya yang biasanya murah di kantong menjadi salah satu alasan mengapa para muslimah sangat tertarik dengan hadirnya motif hijab. Tidak menutup kemungkinan jika kamu termasuk salah satu wanita yang menyukai motif hijab yang berbeda, bukan? Jangan hanya jago dengan koleksi motif hijab; Anda juga perlu memahami bagaimana cara terbaik merawat kualitas hijab Anda. Supaya motif hijab kesayangan kamu awet bahkan terlihat seperti hijab baru, sebaiknya simak dulu tips mencuci di bawah ini dari naishahijrah.com.

1. Ketahui bahan utama yang digunakan untuk membuat motif hijab

Sebelum Anda memiliki motif hijab, Anda perlu mengetahui dengan pasti bahan mana yang merupakan bahan terpenting. Alasannya, tidak semua kain hijab membutuhkan perawatan yang sama. Hal tersebut berkaitan dengan pemilihan produk pembersih yang akan digunakan, teknik pencucian, cara mengeringkan hijab yang telah dikeringkan hingga setrika.

2. Pisahkan menurut kelompok warna

Untuk menjaga kualitas warna dan motif hijab kesayangan kamu, kamu harus memisahkannya terlebih dahulu dari pakaian atau barang lain yang ingin kamu cuci. Bagilah juga hijab dengan warna cerah atau berani dan lembut. Untuk memudarkan penyebab noda pada hijab.

3. Pilih sabun secara menyeluruh untuk mencuci motif hijab

Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, setiap hijab memiliki cara perawatan yang berbeda-beda, tergantung dari bahan mana yang digunakan sebagai bahan utamanya. Pasalnya, setiap kain memiliki sifat dan daya tahan yang berbeda. Misalnya hijab motif katun atau poliester bisa dicuci dengan detergen atau deterjen tanpa pemutih. Namun, Anda tidak bisa mengaplikasikannya jika ingin mencuci hijab dengan motif silk atau satin yang terasa sangat halus dan halus. Hijab yang terbuat dari kain sutra atau satin harus dicuci dengan deterjen ringan, seperti sabun mandi cair, sabun tangan, atau sampo.

4. Cuci motif hijab itu secara manual

Mencuci hijab bukanlah hal yang sulit karena ukurannya yang mudah digenggam, ringan jika terkena air bahkan bisa hanya berupa kain. Karenanya, Anda tidak memerlukan mesin cuci untuk membersihkan motif hijab favorit Anda. Selain kualitas kain hijab, warna dan motif juga tidak mudah luntur dengan cara mencucinya secara manual, bahkan tidak dengan tangan.

5. Jemur motif hijab di tempat teduh

Jika motif hijab dicuci secara manual, sebaiknya dikeringkan juga secara manual. Jemur motif hijab di tempat teduh, jangan di bawah sinar matahari langsung. Sinar matahari langsung sangat memudahkan kita untuk mengeringkan benda apapun, selain itu juga dapat dengan cepat menurunkan kualitas warna hijab sehingga motif tidak terlihat semenarik saat pertama kali dibeli.

6. Perhatikan suhu dan cara menyetrika motif hijab

Selain terkena sinar matahari, suhu setrika yang hangat juga bisa membuat warna muncul bahkan mengaburkan motif hijab. Karena itu, Anda perlu menyetrika jilbab dengan sangat hati-hati. Pastikan suhu setrika memiliki opsi suhu terendah. Tidak hanya itu, Anda juga perlu mengetahui cara menyetrika yang benar dengan benar. Setrika di bagian dalam hijab agar tampilan hijab kesayangan tetap terlihat bagus.

7. Gunakan kantong atau kotak debu

Terakhir, simpan motif hijab di tempat yang bersih, tidak mudah terkena debu dan tidak lembap. Anda bisa menggunakan dust bag atau box untuk lebih menjaga kualitas motif hijab saat disimpan. Penggunaan dust bag atau box tidak hanya mencegah debu, tapi juga bisa mencegah perpindahan warna dari pakaian atau benda lain yang dekat dengan motif hijab.

Anda mungkin juga suka...