5 Cara Merawat Hardisk Laptop

Cara Merawat Hardisk Laptop

Concordiachamberofcommerce –┬áSalah satu komponen yang fatal adalah harddisk laptop. Apalagi jika Anda menyimpan banyak data di harddisk. Karena merawat hard drive, itu sangat penting. Sama pentingnya dengan merawat baterai laptop atau komponen laptop lainnya.

Mengapa sangat penting untuk merawat hard drive? Alasan utamanya adalah harga hard drive. Harga hard drive laptop cukup mahal. Padahal, jika laptop Anda masih bergaransi dan rusak, produsen laptop selalu bisa menggantinya. Kalau tidak, tentu saja Anda harus membelinya.

Untuk itu, alih-alih bosan dan harus mengeluarkan uang untuk hardisk, Anda perlu mengetahui cara merawat hardisk agar awet dan tidak mudah rusak. Dan dibawah ini akan Mabtekno berikan langkah-langkah perawatan hardisk yang baik dan benar.

1. Hindari penggunaan partisi yang berlebihan

Biasanya, hard drive memiliki kapasitas mulai dari 320 GB ke atas. Biasanya kapasitas tersebut akan terbagi menjadi storage atau yang biasa disebut dengan partisi. Misalnya partisi C untuk sistem operasi dan partisi D untuk data.

Seharusnya tidak memiliki terlalu banyak partisi. Jika dua partisi tidak cukup, Anda dapat membaginya menjadi 3 partisi. Misalnya partisi C untuk sistem, partisi D untuk tugas / tugas data, dan partisi E untuk penyimpanan program.

Sebenarnya lebih dari 3 partisi tidak menjadi masalah, tetapi terlalu banyak partisi juga akan menyebabkan fragmen disk terpecah selama proses baca dan tulis. Oleh karena itu salah satu cara merawat hardisk laptop adalah dengan menghindari penggunaan partisi yang berlebihan.

2. Defragmentasi hard drive Anda

Saran tentang cara merawat hard drive laptop lain adalah dengan memecah hard drive. Mengapa fragmentasi? Biasanya, karena terlalu banyak data di hard drive, kapasitas hard drive berkurang.

Untuk melakukan drefrag, Anda dapat memilih defragmentasi default Windows. Atau bisa juga menggunakan program defragmentasi pihak ketiga seperti ultradefrag, defragler dan lain-lain. Sebelum mendefragmentasi, periksa dulu fragmentasi jika lebih dari 10, lalu Anda dapat mendefragmentasi. Proses defragmentasi biasanya memakan waktu lama, terutama jika kapasitas hard drive besar.

Apa efek defragmentasi? Tentunya selain mencegah harddisk cepat rusak akibat menumpuknya banyak data, defragmentasi juga membantu dalam meningkatkan proses membaca dan menulis harddisk.

3. Matikan laptop dengan benar

Cara merawat hardisk laptop agar tidak cepat rusak, hal selanjutnya yang harus dilakukan adalah mematikan laptop dengan benar. Kedengarannya sepele, tetapi Anda harus ingat bahwa saat laptop menyala, hard drive berfungsi. Saat dimatikan secara tiba-tiba tentunya akan menyiksa hardisk yang sedang mengolah atau membaca data program.

Oleh karena itu, selalu matikan laptop dengan menekan Stop. Jangan matikan paksa laptop saat masih menyala. Matikan dulu, apalagi kalau mau jalan-jalan. Sulit untuk mematikan laptop, tetapi ini demi kebaikan hard drive laptop Anda.

4. Hindari Shock Laptop

Sebisa mungkin rawat laptop Anda dan simpan dengan baik. Hindari guncangan pada laptop yang dapat merusak harddisk. Apalagi jika laptop selalu menyala dan Anda bawa-bawa tanpa mematikannya terlebih dahulu.

Tidak ada yang tahu bahwa ketika Anda berjalan dengan membawa laptop komputer Anda jatuh dan tertabrak. Tentunya hal ini akan membuat gundukan pada hardisk dan membuat hardisk berpotensi rusak atau bahkan mati total.

5. Hindari menggunakan laptop di atas kasur

Anda yang sering menggunakan laptop di atas kasur sebaiknya tidak melakukan hal ini lagi. Sebenarnya menggunakan laptop di atas kasur yang nyaman, namun hal tersebut akan membuat sirkulasi panas di laptop kurang maksimal. Jika sirkulasi panas di laptop tenggelam, pasti akan mempengaruhi harddisk laptop tersebut.

Anda mungkin juga suka...