Cara Merawat Baju Putih

Cara Merawat Baju Putih

Concordiachamberofcommerce –¬†Tampaknya hampir setiap orang memiliki setidaknya satu gaun putih di lemari. Berkat warna bersih dan netral, cocok untuk gaya apa pun. Namun, butuh kesabaran Anda, untuk merawat baju putih agar tetap permanen. Ini karena pakaian berwarna putih cenderung mudah terlihat kotor. Anda pasti merasa seperti itu, bukan?

Tips Merawat Baju Putih Agar Tidak Cepat Hilang

Pakaian berwarna putih yang tidak terawat dapat membuat warnanya menjadi kurang tahan lama dan cepat luntur. Alih-alih terlihat elegan, penampilan Anda malah mungkin tampak membosankan! Jangan khawatir, Rukita punya 9 cara merawat baju putih agar awet dan tidak cepat kusam. Yuk, simak tipsnya dari bikin jersey sepeda di bawah ini!

1. Selalu pisahkan dari pakaian berwarna

Cara merawat baju putih pertama ini, ingat lho! Pisahkan pakaian putih dan berwarna saat mencuci, baik di mesin cuci atau secara manual. Ini, tentu saja, mencegah perubahan warna atau perpindahan warna. Jangan sampai baju putih Anda kusam atau luntur dengan warna lain.

2. Segera bersihkan jika kotor

Pakai baju putih, um, tiba-tiba ada noda makanan? Lebih baik kau segera bersihkan, huh! Semakin lama sama, semakin sulit menghilangkan noda pada pakaian putih. Untuk membersihkan, gunakan pembersih khusus atau bahan tambahan alami seperti soda kue. Warnai area berwarna dan diamkan selama 15 menit sebelum dibilas.

3. Sudahkah Anda menggunakannya 1-2 kali? Bersihkan!

Apakah Anda suka mengenakan kemeja lebih dari sekali jika masih terlihat bersih? Sebaiknya Anda tidak menerapkan ini pada pakaian putih, um! Tanpa kita sadari pasti ada beberapa noda yang tersembunyi di pakaian kita. Membiarkannya terlalu lama bisa membuatnya semakin sulit untuk disingkirkan. Selain itu, keringat yang menempel pada pakaian juga bisa berubah warna menjadi warna matte. Jadi setelah satu atau dua kali pemakaian, cuci pakaian putih agar tetap berkilau!

4. Gunakan pemutih yang terbuat dari bahan alami

Anda tahu bahwa terlalu sering menggunakan pemutih justru bisa menyebabkan pakaian Anda menguning. Ini disebabkan oleh reaksi kimia di dalamnya. Selain itu, pemutih umumnya mengandung zat yang dapat mengencerkan kain jika digunakan terlalu sering. Memalukan, bukan? Cara paling aman untuk merawat baju putih adalah dengan menggunakan pemutih alami. Anda bisa menggunakan soda, lemon atau cuka. Sudah pasti alami dan mudah ditemukan, um!

5. Jangan menaruh terlalu banyak pakaian di mesin cuci

Siapa yang suka menumpuk semua pakaian kotor di mesin cuci sampai penuh? Jika terlalu penuh, deterjen dan kinerja kerja mesin cuci malah akan bekerja kurang maksimal. Tak hanya itu, air bilasan juga tidak efektif menghilangkan segala kotoran dari serat pakaian. Kalau terus begini, pakaian putihmu bisa menjadi lebih kusam!

6. Jangan gunakan deodoran yang mengandung aluminium

Coba cek bagian ketiak di baju putih kamu, apakah matte atau kekuningan? Jika iya, berarti Anda perlu mengganti jenis deodorannya, bukan? Deodoran umumnya mengandung senyawa berbahan dasar aluminium yang mengurangi keringat berlebih (antiperspiran). Proses reaksi kimia ini bisa menimbulkan bercak kekuningan dan menempel pada pakaian. Karena itu, yang terbaik adalah beralih ke deodoran bebas aluminium. Pasti nggak mau kan, pas kamu angkat tangan, ketiak baju kamu terlihat kekuningan?

7. Hindari menyikat terlalu keras

Membersihkan noda membandel pada pakaian putih jelas merepotkan. Tapi jangan terlalu ketat membersihkan baju kotor, lho! Pakaian Anda bisa cepat rusak. Cara merawat baju putih dengan baik adalah dengan merendamnya dalam air hangat selama 30 menit. Kemudian Anda bisa perlahan-lahan membersihkan noda tersebut hingga bersih.

8. Setel suhu penyetrikaan

Menyesuaikan suhu setrika juga penting saat merawat pakaian putih. Saat menyetrika, pastikan suhunya tidak terlalu tinggi. Temperatur yang terlalu tinggi bisa menyebabkan warna menjadi kekuningan atau bahkan terbakar, lho! Anda bisa menggunakan pelumas untuk menyetrika baju putih dengan cepat agar lipatannya cepat hilang.

9. Perhatikan penyimpanan pakaian

Cara merawat baju putih yang terakhir adalah dengan menggunakan gantungan plastik atau kayu. Hindari menggantung pakaian pada gantungan logam, karena dapat menimbulkan noda karat pada pakaian. Selain itu, usahakan untuk menyimpan pakaian di lemari tertutup. Jika Anda menggunakan gantungan baju terbuka, Anda bisa menutupinya dengan kain atau cover baju. Ini akan mencegah noda yang tidak diinginkan muncul di pakaian Anda.

Anda mungkin juga suka...