Cara Menanam Tanaman Hias dengan Cara Hidroponik

Cara Menanam Tanaman Hias dengan Cara Hidroponik

Concordiachamberofcommerce – Tinggal di daerah perkotaan dengan lahan kecil yang tidak seharusnya menghentikan hobi berkebun Anda. Ada beberapa alternatif cara menanam tanaman hias agar lingkungan rumah Anda selalu terlihat asri setelah ditumbuhi berbagai jenis tanaman. Teknik kuno mengembangkan tanaman hias dilakukan dengan menggunakan penyangga serat sabut. Namun cara ini sering menemui banyak kendala karena sabut kelapa tidak bisa bertahan lama.

Saat ini, metode perbanyakan tanaman hias baru telah dikembangkan, khususnya dengan hidroponik. Menanam tanaman hias menggunakan hidroponik pada dasarnya adalah penggunaan air sebagai media tumbuh tanaman. Penanaman dengan cara ini memiliki banyak keuntungan, seperti tidak membutuhkan lahan yang luas dan tanaman mudah dalam menyerap air. Selain itu, pemilihan tanaman hias hidroponik masih memiliki banyak kelebihan yang akan dijelaskan pada artikel Bunga Papan Makassar ini.

Langkah Menanam Tanaman Hias dengan Hidroponik

Dijelaskan sedikit di atas bahwa cara menanam tanaman hias dengan hidroponik terutama menggunakan lingkungan perairan. Anda tidak bisa hanya meletakkan tanaman di dalam air dan mengharapkannya untuk tumbuh dengan sendirinya. Ada beberapa langkah yang harus diikuti untuk menanam tanaman hias menggunakan hidroponik. Berikut langkah-langkahnya:

Memilih wadah untuk hidroponik

Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih wadah atau lokasi yang akan digunakan untuk tanaman hidroponik. Pastikan wadah yang Anda pilih dapat menahan akar dan batang yang sedang tumbuh agar tidak mudah roboh. Pilih juga wadah berwarna gelap dan tidak transparan untuk mencegah berbusa. Jangan memilih tempat besi karena jika terkena air akan mudah berkarat.

Mengisi wadah hidroponik

Isi wadah yang ditentukan dengan batu atau pasir. Usahakan agar batu atau pasir dapat menopang akar dan batang agar tetap kokoh. Tambahkan juga beberapa arang untuk menghilangkan bau dan menjaga air tetap bersih.

Masukkan air dan nutrisi ke dalam wadah

Nutrisi yang disebutkan di sini dapat disiapkan sendiri dengan melarutkan 1 kg urea, pupuk npk, pupuk kcl dan pupuk daun, masing-masing dalam 20 L air. Bahan ini akan menghasilkan larutan kental yang kemudian dapat Anda larutkan dalam 100 L air.

Memilih tanaman hias hidroponik

Ambil tanaman yang ingin Anda tanam secara hidroponik dan potong dari batangnya. Anda juga bisa memilih tanaman yang sudah tertutup akar. Ingatlah untuk mencuci akar dan memotong daun yang mati. Dan terakhir, taruh di tengah air yang sudah dicampur dengan larutan nutrisi.

Ganti larutan nutrisi secara berkala

Cara menanam tanaman hias secara hidroponik yang terpenting adalah ketekunan dan kesinambungan. Secara berkala sebulan sekali, ada baiknya mengganti larutan nutrisi dan air hidroponik tadi. Atau bisa juga dengan mengganti air saat lumut sudah mulai tumbuh karena lumut bisa menghambat pertumbuhan tanaman.

Beginilah cara menanam tanaman hias secara hidroponik. Cara ini bisa digunakan ketika Anda merasa kebun Anda tidak bisa memfasilitasi hobi berkebun Anda. Harus diingat bahwa menanam dengan cara ini sangat nyaman, bahkan tidak perlu menyirami tanaman setiap hari seperti tanaman yang ditanam dengan substrat. Dengan hidroponik, tanaman hias Anda dapat menyerap lebih banyak air dan nutrisi yang maksimal.

Referensi: Karangan Bunga Makassar

Anda mungkin juga suka...